Kamis, 14 Maret 2013

Kehadiran Dalam Ketiadaan.

Lent Daily Reflection - Laurence Freeman.
Rabu Minggu IV Prapaskah

Ketika burung blackbird terbang lepas pandang
Itu menandakan tepian

Salah satu dari banyak lingkaran
(Wallace Stevens, Thirteen Ways of Looking at a Blackbird (Tiga Belas Cara Mengamati Blackbird)

Ada banyak cara mengamati segala sesuatu. Dalam puisi Wallace Stevens, bait di atas adalah cara ke sembilan yang ia temukan ketika mengamati blackbird. Puisi-puisi besar sering mengejutkan kita ada suatu tingkat kesadaran baru yang menarik perhatian kita yang tampaknya sangat jelas namun kita sendiri tidak mengerti mengapa kita tidak melihat itu sebelumnya. Tetapi ketika kita berusaha menempatkan penglihatan baru ini dalam ungkapan kita, yang muncul hanyalah ungkapan yang hambar kedengarannya.


Pemahaman yang sejati disampaikan dan ditafsirkan dalam satu kemasan saat itu masuk. Kebenaran selalu terwujud di dalamnya, meskipun kita berusaha keras membuatnya ringkas dan memakunya seperti kupu-kupu mati dalam kotak pameran suatu 'kebenaran abadi'. Kebenaran itu sementara dan berwujud seperti kita - tetapi juga hidup melampaui pengertian kita yang membuat kita hidup sepenuhnya, sadar sepenuhnya.

Apa yang digambarkan oleh Stevens di sini? Barangkali merasakan sisa atau bekas pengalaman yang tertinggal setelah peristiwa besar berlalu. Blackbird sudah hilang dari pandangan tetapi orang yang mengamatinya masih mempunyai kesan yang jelas tentang lingkaran yang terbentuk ketika burung tersebut terbang. Suatu kehadiran dalam ketiadaan, didalam udara yang kosong ada tepian yang tak kelihatan. Namun ada juga kesadaran bahwa lingkaran tersebut menjadi satu dengan banyak lingkaran-lingkaran yang sebelumnya ada di udara dan yang masih ada di sana.

Kepekaan pandangan ini tidak hanya dipahami oleh orang tertentu saja. Hanya saja tidak selalu disadarkan. Meditasi menyadarkan pandangan dan pemahaman dalam kehidupan biasa saja. Meditasi menimbulkan perasaan bahwa tidak segala sesuatu yang ada selalu tampak dan juga ada penglihatan dari sesuatu yang tak terlihat yang kita sebut iman.

Sesuatu akibat yang tidak kentara dari kesadaran penglihatan ini adalah pengalaman yang indah. Jika kita beruntung, proses pemurnian dan kesederhanaan masa Prapaskah ini, merupakan waktu permenungan yang diperlukan, yang seharusnya telah ada beberapa hasilnya sekarang.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar