Jumat, 22 Maret 2013

Lebih Hidup Dari Hari Kehari

Lent Daily Reflections - Laurence Freeman, OSB
KAMIS MINGGU V PRAPASKAH 2013

Kehidupan datangnya dalam berbagai bentuk dan ukuran dan dari berbagai arah yang tidak terduga. Hal ini tidak tertahankan. Meskipun demikian penolakan kehidupan juga merajalela. Penolakan seringkali dimulai dengan ketakutan karena kehidupan ditandai oleh adanya perubahan oleh karena itu dituntut penyesuaian kita. Bila tuntutan ini terlalu menakutkan kita berusaha untuk mengurangi kemungkinan kehidupan baru itu membatasi kekuatannya sehingga kita dapat mengawasi dengan lebih baik. Tidak lama kemudian yang kita lakukan adalah keberhasilan membuatnya tak berdaya. Kemudian kita mengeluh karena kehidupan tampaknya jadi membosankan atau dirasakan tidak sesuai.




Salah satu ciri kehidupan adalah perubahan-yang kita namakan pertumbuhan. Kehidupan juga terhubungkan sendiri dan tersadarkan begitu hubungan itu terjalin.Suatu pertanyaan penting bagi para manusia-terutama dalam budaya kita sekarang yang sangat tergantung pada kebenaran yang sesungguhnya dari pendorongnya - adakah kita merasakan benar hidup? Sadarkah kita menganggap perubahan sebagai pertumbuhan atau hanya sebagai tantangan belaka agar percobaan kita lebih dapat diawasi. Sebagai manusia yang terhubungkan apakah kita melihat bahwa hubungan ini sebagai dasar yang suci keberadaan kita atau tambahan, menambahkan pada pencarian kebahagiaan seturut kehendak ego ?


Pertanyaan seperti itu tentu saja dapat merupakan penolakan kehidupan bila mereka menjadikan kita terlalu berpusat pada diri sendiri. Kehidupan memancar keluar dari pusat tempat asalnya yang gaib. Di pusat itulah kita rasakan paling perlu untuk dihubungkan bukannya pusat bayangan yang adalah ego kita. meditasi menggeser pusat itu kearah yang benar.

Dua hari yang lalu kita membuka Pusat Meditatio kita yang baru di London. Ini salah satu tanda perubahan dan pemekaran hubungan yang tercakup didalam program Meditatio di komunitas yang kita mulai sejak tiga tahun yang lalu. Banyak orang datang ke pusat ini untuk merayakan kehidupan baru ini dan memujikan kebaikannya. Dimulainya sesuatu yang baru-bayi, buku ataupun pusat - biasanya penuh sukacita dan dipenuhi dengan optimisme dan kemampuan. Mereka mengingatkan kita akan makna kehidupan.

Meditasi menjadikan pengalaman seperti awal mula suatu kehidupan baru ini-menjadi berkelanjutan. Tetap segar dirasakannya karena kita belajar untuk menjadi lebih hidup hari demi hari, tidak begitu takut untuk bertumbuh, kurang ditolaknya. "Saya telah mencapai bahwa engkau harus punya kehidupan, kehidupan dalam segala kepenuhannya" Ini diterjemahkan dalam seluruh pengalaman pribadi. Atau lebih baik bukan diterjemahkan. Itu ditemukan dalam perjalanan yang dinamakan kehidupan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar