Selasa, 12 Januari 2016

Hidup berpusat pada Kristus

Meditasi begitu penting karena kebersatuan kita dengan Yesus yang akhirnya akan melepaskan sifat egoisme kita. Kemuliaan Kristus ialah bila kebersatuan manusia dengan Yesus membuat manusia menyadari kepenuhan dirinya, dan dengan demikian manusia mampu keluar dari keterbatasan manusiawinya. Kemuliaan ini yang menghapus akar kedosaan kita.


Hidup Kristiani adalah hidup yang berpusat pada Kristus dan kita tidak dikuasai oleh khayalan-khayalan dari ego kita. Kita tidak perlu menaruh perhatian pada khayalan-khayalan kita atau kecenderungan dosa kita tetapi, ini tidak mudah, membiarkan kemuliaan Kristus melepaskan  semua khayalan ini, dan membuktikan bahwa khayalan bukanlah suatu kenyataan. Kemuliaan itu sendiri menghilangkan hal-hal yang tidak mulia.

Kita harus ingat akan arti dari doa Kristiani. Doa bukan berarti penolakan diri dan menjadikan diri kita rendah diri. Bukan juga ketergantungan atau ketakutan pada allah yang bukan Allah. Doa bukan kumpulan analisa psikologis dari pikiran kita. Tetapi transformasi dalam kemuliaan. Ini berarti hidup yang sesuai dengan misteri Allah di kedalaman diri kita.

Karena ini doa harus berakar pada kenyataan, maka doa berarti diri kita hidup dengan sukacita dan dalam cinta kasih. Doa harus sungguh-sungguh nyata dan merupakan bagian yang penting dari kehidupan yang sehat. Kenyataan satu-satunya ialah Allah yang adalah cinta, dan kekuatan serta kemuliaan dari cinta ini dapat ditemukan dalam hati kita - jika kita mencarinya. Dan jika kita mencari maka kita akan menemukan. Pencarian ini merupakan suatu perziarahan.

( Word Made Flesh – John Main, OSB)

sumber: www.wccm.org)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar