Senin, 20 Desember 2010

KETEKUNAN JALAN MEDITASI


Mungkin sangat sulit mengetahui apa yang membuat seseorang ingin bermeditasi. Ini merupakan teka-teki bagi saya selama bertahun-tahun. Kelihatannya ada banyak alasan mengapa orang mulai bermeditasi. Tetapi saya rasa hanya ada satu alasan yang membuat orang harus bermeditasi. Saya pikir kita dapat menyebutnya sebagai komitmen yang tumbuh terhadap kenyataan.

Semakin lama anda bermeditasi, semakin tekun anda menghadapi kesulitan-kesulitan dalam bermeditasi dan semakin jelas bagi anda bahwa anda harus terus bermeditasi jika anda ingin membawa hidup anda pada jalan menjuju hidup anda akan berarti dan mendalam. Anda tidak boleh melupakan meditasi anda untuk mengucapkan mantra/kata doa anda dari awal sampai akhir. Ini adalah kebenaran dasar yang sudah terbukti dan jangan anda terkecoh dari kebenaran ini. Waktu anda mebaca buku tentang meditasi, anda dapat menemukan da banyak variasi dan alternatif.

Tetapi disiplin meditasi meminta kita untuk menyangkal diri, meninggalkan segala pikiran kita, analisa kita dan perasaan-perasaan kita, sehingga kita dapat memberikan perhatian penuh pada Tuhan. Kita harus melakukan secara penuh dan ini adalah yang diminta waktu kita mengucapkan mantra, untuk mengucapkannya dari awal sampai akhir, dengan segala kerendahan hati dan kesetiaan yang penuh...


(The Teaching of John Main on Christian Mediation)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar