Rabu, 08 Desember 2010

Fr. Laurence Freeman OSB



Laurence Freeman OSB, adalah seorang biarawan Benediktin dari Kongregasi Monte Oliveto dan Pimpinan The World Community for Christian Meditation. Ia dilahirkan di Inggris di mana dia memasuki di Biara Benediktin dan belajar Sastra Inggris di Universitas Oxford. Sebelum memasuki kehidupan monastik ia memiliki pengalaman dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa, perbankan dan jurnalisme.

Di biara guru spiritual-nya adalah Dom John Main OSB, dari beliau dia belajar dan juga membantu dalam pendirian Christian Meditation Centre yang pertama di London. Pada tahun 1977 ia pergi bersama John Main atas undangan Uskup Agung Montreal untuk mendirikan sebuah komunitas biarawan Benediktin dan orang awam yang didedikasikan untuk praktik dan ajaran meditasi Kristiani.

Setelah kematian John Main pada tahun 1982 ia melanjutkan pekerjaan mengajar meditasi dan sekarang mulai mengembangkan komunitas global. Pada tahun 1991 Fr Laurence kembali ke Inggris untuk mendirikan Pusat Internasional yang baru dibentuk, yaitu Komunitas Mondial Meditasi Kristiani yang kini berada di sekitar seratus negara.

Laurence Freeman adalah penulis banyak buku dan artikel termasuk "Light Within", "Selfless Self", "Web of Silence", "Common Ground", "A Short Span of Days", "Your Daily Practice" dan "Jesus: The Teacher Within".. Ia juga editor karya-karya John Main dan anggota Board of Medio Media, badan penerbitan World Community. Dia telah melakukan dialog dan inisiatif perdamaian seperti riwayat Way of Peace dengan Dalai Lama dan aktif dalam dialog antar-agama dengan agama lain serta dalam mendorong pengajaran Meditasi Kristiani untuk anak-anak dan siswa dan penguasaan kembali tradisi kebijaksanaan kontemplatif dalam Gereja dan masyarakat luas.

Beberapa buku tersebut diatas telah di terjemahkan dalam bahsa Indonesia a.l ; "Latihan Harian Meditasi Kristiani" dan "A Pearl of Great Price - Berbagi Karunia Melalui Meditasi Kelompok" diterbitkan oleh Penerbit Obor, juga berupa DVD "The Journey of Meditation" produksi Penerbit Kanisius.


www.wccm.org



Tidak ada komentar:

Posting Komentar