Sabtu, 04 Desember 2010

SIMBOL DUA MERPATI


Simbol dua merpati yang hinggap di tepi piala adalah simbol dari The World Community for Christian Meditation dan Medio Media.

Simbol ini adalah sebuah simbol kuno yang telah dikenal di banyak kebudayaan. WCCM (The World for Christian Meditation) menggunakan simbol ini karena terinspirasi dari mosaik abad kelima di Galia Placidia, satu Gereja Perdana di Ravenna, yang aslinya dibangun sebagai makam kekaisaran. Simbol ini meiliki akar dalam kebudayaan Romawi dan Yunani tetapi akarnya barangkali dari orang Phoenicia.

Dalam ajaran Kristiani, merpati merupakan simbol Roh Kudus. Dalam mitologi Yunani merpati adalah Venus = burung cinta. Dalam seni Kristiani, tujuh anugerah Roh Kudus dinyatakan sebagi merpati yang hinggap di pohon kehidupan atau meminum air kebijaksanaan dan kehidupan abadi.

Piala mengingatkan kita akan misteri kurban, yang merupakan jantung Ekaristi Kristiani dimana Sang Putera mempersembahkan diri-Nya kepada Bapa dalam cinta Roh Kudus dan menyatukan semua ciptaan dalam rangkulannya.

Dualisme dalam simbol burung sesungguhnya memperlihatkan kesatuan kehidupan aktif dan kontemplatif dalam setiap diri manusia. Marta dan Maria adalah saudari-saudari yang tak bisa dipisahkan di dalam kehidupan semua orang. Sebagaimana dikatakan oleh Pastor John Main :

"Ada keselarasan antara "diam" dan "aksi" Tuhan adalah perpaduan yang sempurna dari keduanya Diam yang sesungguhnya itu bukanlah berarti tidak aktif "Diam" adalah aksi yang telah mencapai tujuan utamanya. Dan dalam tujuan ini terkandunglah arti dan kepenuhan semua tindakan atau "aksi" Meditasi adalah perwujudan "diam" dan "aksi" yang sesungguhnya Meditasi bukanlah sebuah keadaan pasif melulu karena meditasi adalah keduanya "diam" dan "aksi"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar