Senin, 23 April 2012

Seminar Meditasi Untuk Anak : Tantangan dan Harapan


"Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa tidak menyambut Kerajaan Allah seperti seorang anak kecil, ia tidak akan masuk ke dalamnya." (Luk 18:17)


Setiap tradisi kebijaksanaan sepanjang zaman mengajarkan kepada kita bahwa pada dasarnya kita semua adalah pemula. Hal ini kita sadari setiap kali kita duduk dan masuk ke dalam meditasi kita. Didalam keheningan kontemplasi tersebut, kita belajar melepaskan segalanya yang kita pikir telah kita miliki. Betapa sikap sederhana dan menjadi pemula sungguh menjadi tuntutan dalam penziarahan rohani, Tuhan Yesus telah menyampaikannya dengan tegas dan jelas lewat tulisan Santo Lukas tersebut diatas.


Dalam hal menjadi pemula, anak-anak kelihatannya memiliki posisi yang unik. Kita orang dewasa senantiasa mengatakan kepada mereka bahwa seluruh pembelajaran penting ada di depan mereka dan kita menginginkan mereka untuk mengapainya. Akan tetapi, kita juga mengamati bahwa anak-anak tersebut – terkadang lewat sikap diam dan tanpa kata-kata- di dalam kepolosan mereka terlihat hidup di dalam suatu kesatuan yang dekat dengan Allah Bapa. Suatu kesatuan tanpa bentuk dan kata dimana mereka baru saja berasal. Jadi, sebenarnya mereka memiliki semuanya, dan tidak ada yang perlu dipelajari. Kelihatannya seperti suatu paradox, tetapi juga merupakan misteri kehidupan yang perlu kita jadikan pertimbangan setiap kali kita sebagai orang dewasa ingin mengajari mereka tentang hal-hal baru. Mungkin, anak-anak sebenarnya tidak terlalu unik seperti yang kita pikirkan, mereka apa adanya.

Lewat “Seminar Meditasi Untuk Anak: Tantangan dan Harapan”, kami dari Komunitas Meditasi Kristiani Indonesia ingin mengundang Bapak-bapak dan Ibu-ibu sekalian yang berprofesi sebagai guru sekolah, guru Sekolah Bina Iman, orang-tua anak dan semua pemerhati yang terlibat secara aktif dalam pengembangan nilai-nilai iman dalam pendidikan, untuk hadir dan mengenal serta sekaligus memberikan masukan dan sumbang saran mengenai rencana pelaksanaan program Meditasi anak ini di tempat dan lingkungan dimana Bapak-bapak dan Ibu-ibu selama ini berkarya memberikan pengabdian.

Kami ingin mengajak para peserta Seminar untuk mengenali bahwa masa kanak-kanak merupakan titik awal suatu perziarahan kehidupan yang penting dan bagaimana kita semua bisa membantu anak-anak dibawah asuhan kita menjalaninya dengan menawarkan suatu cara yang sederhana dan efektif.

Lewat program acara Seminar ini, para peserta akan diajak untuk mengenal tentang Meditasi Kristiani dan bagaimana Meditasi ini dapat diajarkan kepada anak-anak serta  mendengarkan sharing dari nara sumber yang telah menjalankannya, begitu juga mengenali tantangan-tantangan serta harapan-harapan yang terbentang di depannya.

Seminar Meditasi Untuk Anak akan dilaksanakan :



Hari /Tanggal Minggu, 1 Juli (sore) s/d Rabu, 4 Juli (siang) 2012
Bertempat di Jl. Dr. Ismangil 18 A, Bongsari, Semarang.
Pembicara :
1. Romo Tan Thian Sing, MSF
2. Penelope (Penny) Sturrock (WCCM Australia)
3. Sr. Margriet Gunawan, OSU
Tema
“Biarkanlah anak-anak itu dating kepada-Ku, ..sebab 
orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Allah” (Luk 18:16)
Sasaran
Orang-tua anak, Guru, Guru Agama SD/SMP, Pendamping Iman Anak (PIA), Katekis.




Salam damai dalam Kristus,
Komunitas Meditasi Kristiani Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar