Senin, 10 Maret 2014

SENIN MINGGU PERTAMA PRAPASKAH 2014



WCCM Daily Lent Reflections
First Monday of Lent
Ketika kita mulai melakukan diet, mendaftar menjadi anggota fitness, atau mendaftar kursus yang memakan waktu berbulan-bulan untuk menyelesaikannya, kita mulai menhargai nilai askese. Dalam bahasa Yunani berarti 'latihan' atau 'pelatihan' yang memerlukan ketekunan dan dedikasi. Kita sangat kagum pada para atlet bukan karena mereka kaya atau terkenal. Kita menghargai dedikasi dan kinerja mereka yang tidak mementingkan diri sendiri sebenarnya.

Ketika kita hadir kepada diri kita sendiri kita, kita sering terkejut dan malu atas kurangnya tekad atau kemauan kita yang lemah. Tapi kita harus tetap mencoba, dan itu juga yang sebenarnya dilakukan oleh semua atlet. Mantra adalah sebuah askese. Mantra sangat berbeda dari sekedar mengatakan itu adalah alat atau teknik. Segala sesuatu yang kita lakukan tentu memiliki aspek teknis atau dilakukan untuk mendapat hasil tertentu. Yang membuat mantra itu berbeda adalah pendekatan dan motivasi di balik pengucapannya.

Kuasa askese yang transformatif masuk jauh lebih dalam dan dilepaskan di dalam diri kita. Jika kita memasuki masa Prapaskah yang membaharui, melahirkan kembali dan menyederhanakan ini sebagai saat untuk benar-benar membuat meditasi bagian dari kehidupan kita sehari-hari, kita tidak akan melewatkan pengalaman transformasi ini. Mereka yang bertahan akan datang pertama. (Siapa yang bertahan, akan diselamatkan ')

Laurence Freeman OSB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar