Minggu, 09 Maret 2014

MINGGU PERTAMA PRAPASKAH 14


WCCM Daily  Lent Reflections 2014
First Sunday of Lent
.
Selalu saja  ada yang memuaskan dan menggairahkan dalam proses penyederhanaan. Kita memiliki harta benda dan menyimpannya sampai kita lupa daya tarik awalnya atau nilai sentimentalnya. Pada titik tertentu harta benda kita hanya menjadi benda-benda biasa, barang berat yang tidak memiliki makna atau arti lagi.


Kemudian, benda-benda tersebut menjadi beban, menjadi kelekatan yang menggerogoti energi kita dengan sia-sia. Timbunan bagasi kehidupan inilah, lebih dari sekedar waktu yang berlalu, yang menjadi latar belakang penuaan dan kesedihan kemunduran yang tak terelakkan. Semakin lama semakin sulit untuk melepaskannya. Hal ini juga berlaku dalam lingkup emosi dan materi kehidupan. Sedangkan dalam dimensi spiritual, seperti halnya 'koma' matematika, memang mempunyai tempat tetapi dianggap remeh.

Artinya, dimensi spiritual itu nyata tetapi anda tidak dapat menegaskan atau mengukurnya. Dalam dimensi ini anda tidak dapat menimbun benda-benda dan semua kelekatan akan lenyap begitu mereka terbentuk. Memasuki dan belajar untuk 'hidup dalam Roh' terkadang merupakan kerja keras. Masa Prapaskah adalah masa untuk memastikan hidup dalam Roh ini sebagai prioritas, karena jika tidak, kita akan terserap
dalam hal-hal yang sudah kehilangan maknanya bagi kita.

 Laurence Freeman OSB

sumber : WCCM Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar