Selasa, 25 Maret 2014

SELASA MINGGU KETIGA PRAPASKAH

WCCM Daily Lent Reflections - Sunday Lent Week 3


Hari ini adalah Hari Raya Kabar Sukacita, yang mengingatkan kita saat kita mempersiapkan Paskah bahwa hari ini tepat sembilan bulan menjelang Natal. Itulah hidup, penuh dengan bacaan-bacaan paralel dan makna yang tumpang tindih. Kita memusatkan perhatian pada satu hal tapi tak lama kemudian hal yang lain muncul meminta perhatian kita.


Hal yang terpenting adalah mengetahui apa yang menghubungkan dan menyatukan semua hal yang bermunculan kembali. Sebenarnya, kita dapat mengetahui makna yang menyatukannya jika kita memberikan perhatian penuh pada salah satu hal pada saat kemunculannya. Hari Raya Kabar Sukacita misalnya. Inilah saat Malaikat datang memberi kabar kepada Maria bahwa ia akan mengandung dan melahirkan seorang putra. Dia ketakutan dan bingung namun berkata 'terjadilah'. Dalam sebuah lukisan ikonik indah yang terdapat di Florensia mengenai peristiwa ini, Pontormo melukiskan Maria sedang berjalan menaiki tangga - tidak sedang duduk dan membaca, seperti lukisan-lukisan umumnya.

Malaikat ada di belakangnya dan gemerisik jubahnya yang indah atau sayapnya yang berkilau pastilah menarik perhatian Maria karena dia berbalik untuk melihatnya. Dia belum menerima pesan itu. Kecuali jika itu pesan dan tanggapannya, semua berada dalam satu momen perhatian. Yang menyatukan semua kisah tersebut adalah saat dimana kisah-kisah tersebut terhubung dan mengacu.

Jadi, jika pada akhir masa Prapaskah anda belum cukup lama berada pada saat kini untuk melihat seorang Malaikat pada ujung eskalator, atau keluar dari lift yang sedang anda tunggu, atau duduk di kursi belakang mobil di sebelah anda saat berhenti karena lampu merah, berarti anda belum hidup hari ini.

Laurence Freeman OSB

sumber : WCCM Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar