Minggu, 16 Maret 2014

MINGGU KEDUA PRAPASKAH

WCCM Daily Lent Reflections
Sunday Lent Week 2
“Di hadapan mereka Yesus berubah rupa: wajah-Nya bersinar laksana matahari dan jubahnya menjadi seputih cahaya.” Mungkin cukup aneh orang Tibet yang membaca perikop tentang transfigurasi dalam Injil hari ini, tidak memiliki masalah untuk melihat kisah tersebut sebagai kisah nyata, sedangkan seorang Kristiani yang berpikiran ilmiah akan melihatnya sebagai kisah simbolis. 

 
Bagaimanapun juga, maknanya sudah jelas. Yesus selalu lebih menarik dan lebih kompleks dari penampilan-Nya. Tetapi yang lebih menarik itu, cahaya transfigurasi tersebut, dapat dilihat dengan mata yang lain, persepsi jenis yang lain.


Blake mengatakan bahwa jika persepsi kita itu jernih, kita dapat melihat segalanya seperti apa adanya – tak terbatas. Mustahil untuk membayangkan kita dapat melihat sesuatu yang tanpa batas. Batas-batas menciptakan bentuk dari benda-benda. Namun, murnikanlah pikiran anda dan anda akan terkejut akan apa yang dapat anda lihat. Empat puluh hari cukup untuk memulainya dan jika masa Prapaskah tidak membuat kita terkejut, berarti tidak jalan.

Laurence Freeman OSB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar