Minggu, 23 Maret 2014

MINGGU KETIGA PRAPASKAH

WCCM Lent Reflections - Third Sunday of Lent


Jawab perempuan itu kepada-Nya: “Aku tahu, bahwa Mesias akan datang, yang disebut Kristus; apabila Ia datang, Ia akan memberitakan segala sesuatu kepada kami.” Kata Yesus kepadanya: “Akulah Dia, yang sedang berkata-kata dengan engkau.” (Yoh 4:25-26)

Inilah dialog penutup antara wanita Samaria dengan Yesus dalam Injil Yohanes, salah satu adegan yang paling didramatisir dalam Injil. Penuh dengan nuansa dan perpaduan detil teater (Yesus lelah dan haus),  kesalahpahaman dan agak santai dan wahyu pribadi yang unik dan langsung. Kita tidak mendengar bagaimana perempuan itu menanggapinya. Perkataan tersebut pastilah membuatnya terkejut, kepribadian yang terjaga alami, dan membuatnya mengevaluasi kembali segala sesuatu yang telah terjadi sebelumnya. Dia sudah mempercayai-Nya namun sekarang Dia menempatkan kredibilitasnya untuk diuji terakhir kalinya. Dalam Injil biasanya penutupan adegan dibiarkan menggantung. Dalam seri TV online, kita mengharapkannya karena kita tahu akan bersambung di episode berikutnya dan ketegangan akan diselesaikan karena kita sudah siap untuk ketegangan yang berikutnya. Tetapi adegan terakhir dalam serial tersebut selalu ditutup dengan kesimpulan dan akhir bahagia.

Kita menyukai akhir yang bahagia dan kita tidak suka digantung tanpa penyelesaian. Namun demikianlah hidup yang nyata. Tidak ada akhir yang benar-benar final kecuali kita menganggap kematian sebagai kematian; dan ketika kita mendengarkan Injil, akhir itu bahkan bukan yang terakhir melainkan sebuah terowongan yang menghubungkan dua sisi gunung kehidupan. Kita tidak akan mendengar kisah Yesus dan perempuan Samaria ini jika orang yang menceritakannya tidak melihat cahaya pada akhir terowongan dan mengenalinya sebagai cahaya Kristus. Penyelesaian kisah yang belum selesai ini diserahkan kepada kita karena kita mempunyai tanggung jawab yang disertakan dengan tindakan mendengar.

Laurence Freeman OSB

sumber : WCCM Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar