Selasa, 08 April 2014

SELASA MINGGU KELIMA PRAPASKAH

WCCM Daily Lent Reflections - Tuesday Lent Week Five


Anda sudah menetap dalam permusuhan lama. Anda menetapkan diri anda dan hak anda dengan orang yang, seperti yang anda lihat, berlawanan dengan anda. Mungkin memang mereka begitu, dan mungkin mereka mengkhianati atau memfitnah anda. Bagaimanapun juga, perasaan bermusuhan anda telah menjadi sumber gizi dan energy yang merugikan. Rasanya enak punya musuh, hamper sama enaknya dengan punya teman.


Energi yang kita gunakan untuk bermusuhan mengurangi energy yang dapat kita investasikan bagi teman-teman kita; namun kita tidak suka melihat ataupun mengakui hal ini. Mungkin awal penyebab perdebatan ini sudah luntur dari ingatan anda. Penyebabnya sudah menjadi sejarah yang memalukan untuk dimunculkan kembali dalam terang dan melihat betapa remeh dan ketinggalan jaman sekarang ini. Dalam proses yang adil dan diskusi yang rasional kita menempatkan penjaga di gerbang kompleks keamanan kita untuk menolak musuh kita masuk.

Kemudian pada suatu hari, musuh anda mengulurkan tangannya pada anda. Atau mengirim pesan membuka kembali negosiasi. Awalnya anda merasa dikalahkan kemudian marah lalu bingung akan apa yang harus dilakukan. Namun rahmat belum terjadi saat itu, sampai anda memandang musuh anda lagi.

 Laurence Freeman OSB

Sumber : WCCM Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar