Selasa, 11 Agustus 2020

Pintu Masuk Keheningan

 

Bacaan Harian Bersama John Main

11 Agustus 2020

 Pengalaman doa adalah pengalaman kesatuan penuh dengan kekuatan yang menciptakan alam semesta. Kekristenan harus mewartakan pada dunia bahwa kekuatan itu adalah kasih dan inilah mata air yang menjadi sumber aliran semua ciptaan. Inilah mata air yang memberi kita masing-masing kekuatan kreatif untuk menjadi pribadi yang menjadi panggilan kita – pribadi yang berakar dan tertanam dalam kasih.

Tradisi kita sudah menyatakannya namun masih ada yang perlu disampaikan. Tradisi juga mengatakan bahwa itu bukan puisi. Latihan meditasi kita menyatakan bahwa inilah pengalaman yang memanggil kita semua. Jalannya adalah jalan kesederhanaan dan kesetiaan. Tradisi kita mengajarkan bahwa untuk memasuki misteri ini kita harus belajar untuk hening. Meditasi merupakan pintu masuk ke keheningan yang mendalam.

Bermeditasi berarti hidup dari pusat keberadaan kita, pusat mendalam itu kita temukan bila kita memutuskan untuk tidak menjadi dangkal, tidak berpuas diri tinggal di lapisan permukaan saja tetapi hidup dari kedalaman keberadaan kita. Kita harus memilihnya karena inilah kedalaman keberadaan kita dimana persatuan dengan Kristus terus menerus terjadi.

Jalan yang perlu diikuti adalah jalan yang sangat sederhana dan mungkin inilah bagian terbaik dari kesulitan bagi kita yang hidup di abad ke duapuluh. Untuk memasuki kesederhanaan itu dituntut keberanian. Untuk bermeditasi, kita masing-masing harus belajar untuk menjadi sangat sederhana, sangat tenang, untuk belajar mengucapkan kata doa kita.

 Moment of Christ

 

Refleksi Bacaan Harian Bersama John Main

11 Agustus 2020

 Kita semua dipanggil untuk hidup sepenuhnya, hidup dari pusat keberadaan kita. Dan pusat keberadaan kita ialah Allah. Pater John Main menyarankan suatu cara yang sangat sederhana untuk merespon panggilan itu, yaitu melalui praktek meditasi Kristiani.

Dalam meditasi kita belajar untuk menjadi sangat sederhana, sangat tenang, untuk belajar mengucapkan kata doa ‘ma-ra-na-tha’ dengan perhatian yang tak terbagi, kita masuk dalam keheningan yang mendalam, dimana persatuan kita dengan Kristus terjadi terus-menerus.

Pengalaman inilah yang memberi kekuatan kreatif bagi kita untuk menjadi pribadi yang sesuai dengan panggilan kita, yaitu pribadi yang berakar dan tertanam dalam kasih, pribadi yang berakar dalam Kristus.

Tuhan memberkati. 🙏


Sumber: Komunitas MK Nas

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar