Minggu, 30 April 2017

Meditasi Jalan Disiplin


Tradisi mengajarkan pada kita bahwa jalan untuk mengenal pewahyuan Allah ialah tidak dengan berpikir, membuat analisa atau kesimpulan tetapi belajar untuk seperti seorang anak kecil, belajar untuk menjadi rendah hati. Ini kita lakukan dengan mengulang-ulangi secara terus menerus kata-doa kita. Dengan demikian untuk bermeditasi kita perlu untuk duduk diam dan duduk dengan punggung tegak. Waktu memulai meditasi, anda ingin untuk menggaruk hidung anda atau telinga anda tetapi anda harus mengabaikannya. Duduklah diam. Kemudian anda harus belajar untuk mengucapkan kata-doa anda.


Anda akan menemukan sewaktu anda terus bermeditasi bahwa pikiran anda akan terus menerus silih berganti. Abaikan semuanya. Ucapkanlah mantra anda. Ini adalah seni dari meditasi: mengucapkan kata-doa anda ditengah-tengah badai dari hiruk pikuknya pikiran kita..

Misteri dari meditasi ialah anda dituntun ke dalam pengalaman persatuan dengan Allah di dalam keheningan, melalui mantra bagai irama Allah yang bergema dalam hati anda. Mantra akan membawa anda ke dalam pengalaman persatuan - persatuan di dalam diri anda, tubuh dan roh, persatuan dengan seluruh ciptaan. Sewaktu anda duduk bermeditasi anda berada di tempat anda di dalam alam semesta dan meditasi membawa anda ke dalam pengalaman pribadi bahwa Allah adalah pusat dari alam semesta. Latihan harian adalah latihan yang pokok dan akan menuntun anda dengan segala kelembutannnya.

Anda tidak dapat belajar meditasi dengan membaca buku-buku tentang meditasi atau dengan mendengarkan ceramah-ceramah tentang meditasi. Anda hanya dapat belajar bermeditasi dengan bermeditasi setiap hari, setiap pagi dan setiap malam. Jangan mudah patah semangat. Pada awalnya anda menemukan bahwa anda lupa meditasi pagi atau malam (atau satu hari atau satu minggu atau satu bulan). Tetapi anda mengerti, walaupun secara samar-samar, apa yang sebenarnya terjadi sewaktu melakukan meditasi dan anda akan kembali lagi untuk belajar betapa penting untuk masuk ke kedalaman roh anda setiap hari dalam hidup anda. Meditasi berkaitan dengan kebebasan, kemerdekaan dari roh, keterbukaan akan roh. Tetapi jalannya, bagi kita orang yang hidup di zaman modern, mengejutkan karena ternyata jalan itu adalah jalan disiplin.

( “The Way of Unknowing” – John Main. OSB)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar