Rabu, 13 November 2013

KASIH YANG HENING


Weekly Readings 
10 Nopember 2013
(John Main, Word Made Flesh -2009 hal 29-30)

Bahasa apapun tidak cukup kata-katanya untuk menjelaskan misteri sepenuhnya. Itulah sebabnya hening itu amat sangat penting dan mutlak dalam meditasi. Kita tidak berusaha memikirkan Tuhan, berbicara dengan Tuhan ataupun membayangkan tentang Tuhan.

Kita berada dalam hening yang terbuka mempesona pada keheningan kekalnya Tuhan. Kita mendapatkan dalam meditasi, baik melalui latihan maupun pengalaman yang mengajarkan pada kita setiap harinya, inilah perasaan kita secara alami. Kita diciptakan untuk ini dan diri kitapun tumbuh dan berkembang dengan baik dalam hening kekal tersebut. Meskipun ‘Hening’ adalah sebuah kata yang sudah mengaburkan pengalaman ,mungkin juga menghalangi banyak orang karena beberapa orang menganggapnya sebagai suatu pengalaman negatif, karena kita meniadakan suara ataupun bahasa.
Orang takut bahwa keheningan meditasi membuat dirinya jadi mundur. Tetapi pengalaman dan tradisi mengajarkan kita bahwa hening ketika berdoa bukanlah suatu keadaan sebelum kita mengenal bahasa tetapi justru sesudah kita mengenal bahasa, yaitu sesudah kita dapat menguasai bahasa dengan kesadaran pikiran sepenuhnya. Keheningan kekal itu tidak dihalangi apapun juga kita tidak dihalangi apapun. Itulah heningnya kasih.menerima tanpa perlu punya kemampuan dan persyaratan apapun…….

Kita tahu diri kita dikasihi, oleh sebab itu kita mengasihi. Meditasi ada hubungannya dengan menyempurnakan siklus kasih ini. Dengan membuka diri kita pada Roh Kudus yang masuk kedalam hati kita, yang mengasihi semuanya dalam hening, kita memulai perjalanan iman kita. Kita berakhir dengan iman karena selalu saja ada permulaan baru untuk dikasihi secara kekal.

meditasikristiani.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar