Sabtu, 02 November 2013

DISIPLIN DALAM MEDITASI



Anda tidak dapat belajar meditasi jika anda tidak membuat meditasi sebagai pola hidup anda, sebagai disiplin yang dilakukan secara teratur. Untuk itu diperlukan pengorbanan untuk menyisihkan waktu setiap pagi dan malam, sungguh-sungguh suatu disiplin. Tetapi ini memang perlu. Disiplin ini perlu karena hadirat Tuhan, di dalam jagat raya, di dalam ciptaan-Nya, di dalam hati anda dan hati saya, begitu penting dan bila kita mengabaikannya akan membawa risiko untuk kita. Jika kita mengabaikannya maka kita tidak dapat memahami diri kita atau alam semesta. Karena begitu penting arti itu, perjalanan ini membutuhkan keseriusan dan disiplin, yang akan membawa kita pada kedamaian dan sukacita yang tidak dapat digambarkan dengan kata-kata.


Anda akan menemukan bahwa keheningan merupakan sarana untuk kebersatuan. Anda akan menemukan dalam keheningan meditasi bahwa hidup lahirah dan batiniah dipersatukan. Oleh karena itu mengapa tubuh yang dapat diam begitu penting. Dalam meditasi anda akan menemukan tubuh dan roh dalam kesatuan, dan dalam persatuan dengan Allah. Tidak ada yang lebih penting bagi manusia masa kini, atau sesungguhnya setiap waktu, untuk menemukan kembali kemampuan untuk menjadi hening. 

Jalannya tetap satu, yaitu kesederhanaan yang mutlak. Tidak ada teknik yang canggih atau buku yang rumit yang anda perlukan untuk dibaca. Orang-orang yang sangat sederhanapun dapat melakukan perjalanan ini. Sungguh, semakin sederhana, semakin mudah untuk memulainya. Yang anda perlukan untuk perjalanan ini adalah disiplin, komitmen untuk melakukannya setiap hari, menyediakan ruang dalam hari anda dan dalam hati anda. Dan anda membutuhkan iman. Iman dasar yang anda butuhkan adalah bahwa anda berharga dan anda dihargai. Ini adalah iman bahwa anda dapat mencinta dan anda dicintai. Anda memerlukan iman ini waktu anda mulai dan sewaktu anda meneruskan perziarahan ini, iman anda akan bertumbuh, ketakutan-ketakutan anda akan memudar. Kematangan iman dan memudarnya ketakutan-ketakutan anda tergantung dari komitmen anda pada mantra, yang merupakan cara untuk mengatakan tekad untuk menyangkal diri dan untuk berjalan dalam misteri.

( The Way of Unknowing - John Main, OSB )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar