Rabu, 27 Mei 2015

Jalan Menuju Keheningan

Apa itu meditasi? Pada intinya meditasi adalah belajar mengucapkan kata-doa kita, mantra kita, dan kesulitan yang kita hadapi adalah cara ini begitu sederhana sehingga kita tidak mempercayainya, kita tidak meyakininya. Kita terus mengacu pada buku, pada komentar-komentar di buku. Kita terus berusaha untuk mempelajari pengalaman orang lain padahal inti meditasi adalah latihan, latihan harian untuk belajar mengucapkan kata-doa kita, mantra kita.

Setiap pagi dan setiap malam ... seni meditasi adalah belajar mengucapkan mantra anda dari awal sampai akhir tanpa berhenti. Anda harus belajar, dan anda memerlukan waktu dan kesabaran; anda harus belajar untuk mengabaikan gagasan-gagasan anda, untuk mengabaikan tilikan (insight) tentang diri anda, atau tentang Allah atau tentang meditasi. Anda harus belajar apa yang dikatakan oleh bapa monastik jaman dulu "seni untuk beristirahat dalam Tuhan"

Mantra adalah jalan menuju keheningan, yang sederhana dan penuh kepercayaan, dan seperti yang saya katakan, kita harus belajar untuk mengucapkan mantra dari awal sampai akhir.Ketika anda mulai anda cenderung untuk bertanya pada diri sendiri, "Apakah ini tidak hanya membuang- buang waktu saja?", "Apakah para rahib ini berbicara tentang sesuatu yang tidak masuk akal?" Semua yang anda dapat lakukan ialah meneruskan meditasi dan pada akhirnya latihan itu sendiri yang akan membuktikan dan bukan apa yang saya atau orang lain katakan. Menemukan roh anda adalah yang membuktikan meditasi anda.

( The Door to Silence – John Main, OSB )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar