Rabu, 29 Juli 2020

Kebebasan Roh



Bacaan Harian Bersama John Main
29 Juli 2020

Meditasi terkadang disebut doa iman karena selama waktu kita bermeditasi kita melepaskan semuanya, karena kita mengetahui apa adanya diri kita dan segala sesuatu yang kita pikirkan tentang diri kita. Kita hanya melepaskannya. Tidak perlu menghitung kerugiannya dan tidak ada manfaatnya berusaha menyelamatkan segala sesuatu dari kebangkrutan.


Kemuliaan mengikuti kemiskinan besar ini. St. Petrus menjabarkannya sebagai kemerdekaan Roh sepenuhnya yang menyapu kita ke dalam kehadiran kemuliaan Allah yang tak terbatas waktu dan ruang. Menurut Perjanjian Baru kita dipanggil untuk ini, sekarang, dalam hidup ini. Bukan saja kemuliaan yang akan datang. Pencerahan dengan cahaya Kristus merupakan realitas masa kini, cara hidup baru di dunia ini.

Selama waktu meditasi kita menyerap pengetahuan iman bahwa kita tidak diwajibkan hidup semata-mata pada tingkat realitas materi saja. Kita belajar dari iman dan kemurahan Kristus, menurut St. Paulus, bahwa kita masing-masing dipanggil ke tingkat realitas yang baru dan abadi yang disebut Roh.

Word Made Flesh



Refleksi Bacaan Harian Bersama John Main
29 Juli 2020

Meditasi juga disebut doa iman, kata Pater John Main, karena pada waktu kita bermeditasi kita melepaskan semua kita, pikiran, rencana, angan-angan, dan bahkan diri kita sendiri. Kita berserah sepenuhnya dalam hadirat Allah yang tinggal dalam hati kita. Kita melakukannya dengan jalan mantra, yaitu mengucapkan kata doa secara terus-menerus, memberi perhatian pada kata doa itu.

Kita abaikan semua pemikiran dan angan-angan, baik yang bersifat duniawi maupun yang paling rohani. Dalam kemiskinan kata ini, dalam kemiskinan mantra ini, kita berada dalam kemerdekaan Roh, masuk dalam kehadiran kemuliaan Allah di saat kini, saat sekarang, dalam hidup ini. Kita hidup baru dalam cahaya Kristus. KIta belajar dari iman dan kemurahan Kristus, bahwa kita masing-masing dipanggil ke tingkat realitas yang baru dan abadi yang disebut Roh.

Tuhan memberkati. 🙏
Berkah Dalem. 💖


(Sumber: Komunitas MK Nas)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar