Kamis, 26 Februari 2015

KAMIS MINGGU PERTAMA PRAPASKAH


WCCM Daily Lent Reflections
Thursday 1st week Lent 2015

Matius 7:7-12:
"Mintalah maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketuklah, maka pintu akan dibukakan bagimu".

Ada udang dibalik batu.

Tentu saja ada bodoh. Kamu kira Tuhan, semesta, atau apalah, akan memberikan apa yang kamu inginkan sesuai dengan waktu dan cara kamu memintanya seperti antar ke rumah – apakah Tuhan itu tukang antar pizza?


Tentu saja tidak. Tapi Dia bilang (dan Dia itu Anak Allah kan?) kamu tinggal minta saja dan kamu akan menerima. Nah, inilah yang ingin aku minta; dan ini tidak seegois kedengarannya. Ngomong ngomong, aku tidak bodoh. Aku berusaha punya iman. Jika aku dapat apa yang aku minta, aku akan menjadi orang yang benar-benar bahagia dan kemudian akan lebih gampang untuk jadi murah hati dan baik pada orang lain. Aku sudah lama memikirkannya – bukan, bukan ‘mengkhayalkan’ – benar-benar mikir. Aku tahu apa yang membuatku jadi orang baik. Ini hanya persyaratan dasar.

Kalau begitu, kasih tahu saya.

Memang kedengarannya agak keduniawian.

Kalau begitu, teruskan.

Baiklah, aku akan membisikkannya. Ini yang ingin aku minta… (berbisik)

Aku bisa ngerti. Daftar keinginanku hampir sama. Tidak muluk-muluk. Kemapanan materi dan emosi, kesehatan, (dan kamu mengisyaratkan, seks yang baik), dan rumah yang nyaman untuk dinikmati.

Kurang lebih begitulah. Dan aku bisa berbuat banyak kebaikan di dunia ini kalau aku memilikinya.

Ya memang mungkin kamu akan mendapatkannya – bahkan dalam beberapa dekade jika kamu beruntung. Tapi kamu bilang ‘ada udang dibalik batu’?

Ya. Ini: apa yang ingin orang lain lakukan padamu, lakukan pada mereka.

Sekarang? Bahkan sebelum aku dapat kirimannya?

Kamu yang bilang.

Ya memang, dan meditasi dua kali sehari kan?

Ya, kamu akan terbantu dengan membaca kitab suci.


Salam kasih
Laurence Freeman OSB

Diterjemahkan : Fransisca Indrawati H - WCCM Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar