Rabu, 24 Juli 2013

Meditasi begitu sederhana



Untuk belajar meditasi hal utama yang anda harus mengerti – dan ini tantangan utama bagi kita semua – hal utama ialah untuk memahami bertapa sederhananya meditasi. Kita hidup di masyarakat yang sangat kompleks. Semua dari kita harus berurusan dengan macam-macam tantangan hidup kita, semuanya cukup rumit. Sangat sulit bagi kita untuk pecaya bahwa sesuatu yang begitu sederhana, begitu tidak bertele-tele, yang sangat jelas. Sangat sulit bagi kita untuk mempercayai bahwa ajaran itu dapat menjadi begitu penting dan efektif. 



Kami berbicara pada anda sebagai rahib Benediktin dan pesan pada anda adalah kita diwariskan, anda dan saya, pada saat ini, tradisi rohani yang kaya dan panjang dan tradisi ini telah berjalan dan bertahan selama ratusan tahun, walaupun banyak serangan terhadapnya, walaupun banyak kesalahpahaman and walaupun diabaikan. 


Tetapi yang saya pikir harus kita pahami adalah tradisi tidak dapat bertahan oleh karena hanya dibicarakan saja atau dengan ditulis. Sebuah tradisi akan tetap bertahan hidup dan tumbuh hanya apabila manusia dapat mengalami sendiri tradisi itu. Dengan kata lain, kita tidak hanya mewariskan sebuah tradisi tetapi kita harus menciptakan kembali tradisi dalam setiap generasi dan kita menciptakan kembali dengan menemukannya dari pengalaman kita dan pada waktu itu ditemukan, tradisi itu menjadi hidup. Itu merupakan tradisi yang hidup dan hidup yang mempunyai kekuatan. Itu menjadi hari yang hidup dan mempunyai kekuatan untuk menyinari, untuk menuntun dan untuk menghangatkan.


The Door into Silence

Tidak ada komentar:

Posting Komentar