Kamis, 10 Januari 2013

Mengatasi Pelanturan


Sekarang saya ingin mengulas tentang pertanyaan yang sering kita jumpai. Pertanyaan tentang gangguan selama bermeditasi. Apa yang harus anda lakukan ketika anda mulai bermeditasi dan pikiran anda mulai melantur? Saran yang diberikan dalam tradisi meditasi ialah mengabaikan gangguan itu dan tetap mengucapkan kata-doa anda dan terus mengucapkannya. Jangan membuang tenaga untuk mengerutkan dahi dan berkata, ’Saya tidak akan memikirkan apa yang akan saya makan malam ini’, atau ’siapa yang akan saya kunjungi hari ini’, atau ’kemana saya akan pergi besok’, atau apapun bentuk pelanturan itu. Jangan berusaha menggunakan tenaga anda untuk mengusir gangguan itu. Anda abaikan saja semua gangguan itu dan cara untuk mengabaikannya ialah dengan mengucapkan kata-doa anda.

Moment of Christ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar