Sabtu, 18 November 2017

Tingkatan hidup yang lebih dalam


Saya yakin anda sudah pernah bertanya-tanya apa yang membawa kita semua datang untuk bermeditasi. Orang-orang ini pasti mempunyai keinginan yang kuat untuk bermeditasi bila mereka menghadiri ceramah tentang meditasi pada malam hari ditengah-tengah hujan lebat dan kemudian menjalankan disiplin rohani baru, dimana mereka walau dengan segala kesulitan, mulai menyatukannya dengan irama kehidupan mereka yang sudah begitu padat.


Saya pikir pasti ada insting dalam diri kita yang mengatakan pada kita bahwa kita harus masuk lebih dalam ke pusat diri kita. Kita tidak pernah puas untuk hidup hanya pada kegiatan dan hiburan di permukaan saja. Insting rohani memberitahu kita bahwa ada kekayaan dan kekuatan lain yang lebih besar untuk kita temukan kalau saja kita mau belajar untuk diam dan menaruh perhatian.

Ketertarikan yang besar pada meditasi dalam masyarakat kita merupakan tanda bahwa semua yang bersifat materialistik mempunyai keterbatasan dalam memberikan kepuasan dan arti bagi hidup kita. Semakin banyak orang dalam masyarakat yang serba sibuk tapi dangkal, menemukan  bahwa mereka harus mencari bagaimana caranya mereka dapat hidup pada tingkatan yang lebih dalam dan pada tingkatan yang lebih kaya.


Kita mulai memahami betapa mendesak bagi kita untuk tidak membiarkan diri kita disibukkan dengan hal-hal yang tidak penting. Kita harus menolak untuk dikondisikan agar kita puas hidup di permukaan saja. Kita harus terus mendesak akan kebutuhan untuk mempunyai hubungan dengan diri kita yang terdalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar