Minggu, 04 Juni 2017

Carilah dahulu Kerajaan Allah

Ajaran Yesus tentang doa di dalam Injil adalah ajaran yang mendasari ajaran tentang meditasi. Sebagai contoh, semangat untuk percaya dan setia secara tidak langsung pada mantra, kita temukan dalam perintah-Nya: "Carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu" (Mat 6:33).


Terutama pada zaman ini, saya pikir, banyak orang bingung apa yang ingin dikatakan oleh perkataan Yesus tersebut sehubungan dengan pilihan hidup rohani dan apa hubungannya dengan meditasi.  Saya tidak dapat banyak membantu, dalam masyarakat yang materialistis, kecuali saya mengatakan apa arti perintah itu bagi saya? Jika saya mengikuti jalan ini, apa yang akan saya peroleh?

Coba perhatikan pola dasar dari hidup kita di dalam masyarakat. Seringkali kita hidup bagai mesin belaka dan hidup kita mudah tergelincir menjadi hidup bagai di gerakkan oleh mesin. Kita berpikir kita belajar menghadapi hidup ini dengan menguasai prosedur dan sebagai akibatnya kita kehilangan pengalaman yang begitu hidup.

Meditasi menjadi penting karena kita harus melepaskan diri dari pandangan kita sendiri maupun pandangan dari masyarakat kita yang seperti mesin. Hidup rohani adalah sangat penting karena hidup rohani merupakan langkah yang sangat praktis bagi setiap orang untuk menemukan kembali dirinya, tidak sebagai mesin tetapi mengetahui dirinya memiliki kedalaman misteri yang tanpa batas.

Ini merupakan hal yang sangat penting bagi kita semua untuk menemukannya sendiri. Kita tidak dapat menuruti kata orang lain. Itu merupakan sesuatu yang harus diketahui oleh semua dari kita, dan mengetahuinya sepenuhnya dan dengan jelas, dari pengalaman kita sendiri. Bila kita mengetahuinya, segala yang lain akan mengikutinya dalam urutan yang tepat.

The Way of Unknowing – John Main, OSB


Tidak ada komentar:

Posting Komentar