Rabu, 09 Desember 2015

Roh yang sehat

Masalah besar yang dihadapi oleh kita semua ialah memutuskan mana yang penting dan mana yang tidak terlalu penting; untuk membedakan mana yang fana dan mana yang baka. Penulis Inggris di abad pertengahan Yohanes dari Salisbury, menulis: 'Jika anda benar-benar mencari kebenaran, anda tidak boleh membuang-buang waktu mengurusi hal-hal yang sepele". Hal ini berlaku untuk kita pada zaman sekarang. Jika kita benar-benar mau mencari kebenaran, kasih Allah, kita tidak boleh melekat pada hal-hal sepele yang tidak terlalu penting.


Meditasi penting bagi kita karena kita hidup di masyarakat yang terancam kehilangan 'pikiran sehat'. Roh manusia yang sehat membutuhkan keterbukaan. Semua dari kita memerlukan cukup ruang untuk bernafas dan untuk membusungkan dada dan mengisi paru-paru kita dengan kebenaran dan cinta. Jika kita sehat maka kita akan mengerti bahwa kita harus keluar dari semua pembatas. Roh yang sehat adalah roh yang menjelajah. Kita tidak takut akan sesuatu diluar diri kita, kita tidak terlalu letih untuk mencari sesuatu didepan kita, tetapi roh yang sehat mengetahui bahwa tidak ada masa depan untuk kita kalau kita tidak memulainya dengan sepenuh hati.

Meditasi adalah cara sederhana untuk menjadikan roh kita sehat, dimana roh mempunyai ruang untuk bernafas, dimana roh tidak disibukkan dengan hal-hal sepele yang tidak penting, dengan apa yang hanya bersifat duniawi belaka. Kita dipanggil untuk keluar dari hal-hal yang sepele dan kita menjadi terbuka pada kebenaran dan cinta kasih. Dan kita dipanggil untuk menjalankan hidup kita, tidak pada lapisan permukaan, tetapi untuk menjalankan hidup kita pada sumbernya, sumber dari sungai kehidupan dimana aliran dari kehidupan yang penuh daya dan kejernihan mengalir.

( Fully Alive – John Main, OSB )

sumber: www.wccm.org


Tidak ada komentar:

Posting Komentar