Rabu, 19 Agustus 2015

Sedikit kata dalam berdoa

Idealisme dapat berbahaya bagi kita semua. Ada banyak orang yang ingin berbicara tentang doa atau membaca buku-buku tentang doa atau mengikuti kursus-kursus tentang doa. Tetapi St. Benardus menyarankan pada kita untuk mengucapkan sesedikit mungkin kata waktu kita berdoa - rahib yang ingin berdoa hanya perlu berdoa.


Karena itu, biara-biara menawarkan begitu banyak pada dunia sebagai tempat dimana kita dapat mengarahkan pikiran dan hati pada Kristus, melakukan pertobatan. Doa adalah dasar dari segala sesuatu yang dilakukan oleh para rahib. Bukan karena rahib adalah manusia yang "super" tetapi karena mereka telah menata hidupnya dengan prioritas yang jelas.

Dalam pertobatan mereka, mereka mengalihkan perhatian dari diri mereka kepada saudara-saudara sepanggilan dalam komunitas mereka, berdoa pada Kristus, dan berdoa pada Allah melalui Kristus. Ini adalah tradisi Benediktin dan jika tradisi itu benar-benar hidup dihati kita, maka akan timbul dorongan kuat untuk bertobat, untuk berpaling pada Kristus, bagi mereka yang datang karena pengaruh dari tradisi tersebut.


(Letter From the Heart – John Main, OSB)

sumber: www.wccm.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar