Kamis, 16 Januari 2014

Hadir dan Tinggal dihadirat Tuhan


... Belajar bermeditasi adalah belajar secara terus menerus untuk tinggal dalam hadirat-Nya...


Tujuan dari meditasi ialah bahwa kita belajar hidup seutuh mungkin dalam hadirat Tuhan. Belajar untuk hidup dalam hadirat-Nya berarti kita disemangati oleh kekuatan-Nya dan seperti yang kita tahu dalam Injil bahwa kekuatan-Nya adalah kekuatan cinta. Belajar bermeditasi adalah belajar secara terus menerus untuk tinggal dalam hadirat-Nya. Kalau kita belajar, apapun yang kita pelajari, kita harus belajar untuk mendengar. Kita harus belajar untuk rela mendengar dan untuk memulai tugas-tugas yang sederhana. Jika anda ingin belajar alat musik, anda harus belajar not balok dulu. Jika anda ingin belajar bahasa, anda harus belajar tata-bahasa tingkat dasar dulu dan anda harus dapat menerima hal itu karena tanpa dasar dari hal-hal yang sederhana maka tidak mungkin akan ada kemajuan.

Belajar meditasi, mungkin hal pertama yang harus anda pelajari ialah belajar untuk duduk dengan baik. Duduk dengan sikap tubuh yang baik, dengan punggung tegak dan duduk diam. Salah satu hal penting waktu meditasi ialah secara fisik kita harus tenang. Kita duduk diam, tidak saja agar tubuh tenang tetapi agar tubuh dan roh diselaraskan, menyatu pada waktu kita bermediasi.

Meditasi adalah kesatuan yang utuh dari tubuh dan roh, hadir dan tinggal dihadirat Tuhan. Sekarang kita harus menyiapkan diri kita untuk bermeditasi dan persiapan pertama adalah kita berbuat baik dalam hidup kita sehari-hari. Hal ini sangat penting, seperti ramah dengan orang, memberi pengampunan, berbuat baik untuk hal-hal yang kecil. Kemudian ketenangan tubuh kita ketika kita menyiapkan keheningan roh kita, akan membawa kita pada perhatian yang penuh pada tubuh dan roh.

(John Main - The Door to Silence)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar