Rabu, 14 Agustus 2013

Meditasi Memurnikan Roh Kita



Meditasi merupakan suatu cara untuk memurnikan diri kita. Setiap kali kita mengucapkan mantra, kita memurnikan, kita menjernihkan roh kita. Perjalanan meditasi selama hidup kita adalah untuk mengembalikan roh kita agar menjadi jernih kembali sehingga tembus cahaya. Roh kita seperti sebuah cermin dan apa yang kita lihat di cermin adalah pantulan dari diri kita sendiri. Tetapi dasar kaca dari cermin harus di dihilangkan dan dibersihkan. Itu karena bagian belakang kaca seluruhnya diliputi oleh lapisan yang tidak diperlukan, yang tidak penting bagi kehidupan kita, dilapisi oleh segala gambaran-gambaran yang kita kumpulkan.


Meditasi adalah membersihkan kaca sehingga ketika kita melihatnya maka kita akan melihat tembus ke belakang kaca. Kita dapat melihat apa yang ada dibelakang kaca tanpa diganggu oleh pantulan dari diri kita. Kita harus bermeditasi setiap hari, setiap pagi dan setiap malam, karena kita selalu mengumpulkan sesuatu yang tidak kita perlukan dan gambaran-gambaran diri kita. Kehebatan dari kehidupan Yesus dan Kabar Gembira yang Ia wartakan bagi kita adalah bahwa roh kita tidak perlu dibatasi oleh apa saja. Setiap dari kita dipanggil pada pertumbuhan yang tidak terbatas, untuk berkembang dan menjadi bebas kalau saja kita bersatu secara total dengan Tuhan.

Anda mungkin berpikir, sewaktu anda membaca ajakan untuk bermeditasi, atau sewaktu anda menghadiri pertemuan mingguan, atau waktu anda bermeditasi setiap hari, bahwa anda sudah mengetahui semuanya dan tidak ada lagi yang harus dipelajari. Ini mungkin yang anda rasakan bahwa anda sudah mengetahuinya dan bahwa tidak ada lagi yang harus dipelajari. Jika anda benar-benar belajar dan menyerap semua kebenaran, anda belajar segala hal! Dinamika dari belajar mengucapkan mantra, setiap hari kembali ke disiplin ini, kita berangsur-angsur menemukan bagaimana kita dapat melihat keluar dari diri kita. Kita belajar untuk melihat dengan pandangan yang berpusat di depan kita, yakni Tuhan sendiri. Dengan memusatkan segala sesuatu pada Tuhan, semua yang ada dalam kehidupan kita akan menjadi selaras dengan Tuhan dan semuanya menjadi pada tempat yang semestinya. Bermeditasi mempunyai kekuatan karena meditasi menuntun kita pada ketertataan, ke dalam ketenangan dan kedamaian.

(John Main OSB - The Heart of Creation)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar