Rabu, 14 November 2012

Masuk Kedalam Keheningan


Meditasi adalah jalan menuju ke pusat diri anda, menuju diri anda yang terdalam dan tinggal disana – diam, hening, penuh perhatian. Meditasi pada dasarnya berarti belajar untuk menjadi sungguh sadar, sungguh hidup dan diam. Cara untuk menjadi sungguh sadar ialah menjadi hening dan diam. Ini merupakan tantangan bagi orang-orang zaman sekarang, karena kebanyakan dari kita tidak mempunyai banyak pengalaman untuk masuk dalam keheningan dan keheningan dapat menjadi sesuatu yang menakutkan. Anda harus membiasakan diri untuk menjadi hening. Inilah sebabnya mengapa meditasi menjadi jalan untuk belajar untuk mengucapkan satu kata dalam batin anda.

Saya pikir apa yang kita harus pahami ialah bukanlah kita harus menciptakan keheningan. Keheningan sudah ada dalam diri kita. Apa yang harus kita lakukan ialah masuk ke dalam keheningan itu, menjadi hening dan menjadi keheningan itu sendiri. Tujuan dari meditasi dan tantangan untuk bermeditasi ialah untuk membiarkan diri kita menjadi cukup hening untuk membiarkan keheningan dalam diri kita muncul. Keheningan adalah bahasa roh.

Belajar untuk mengucapkan mantra anda, belajar untuk mengucapkan kata anda, meninggalkan semua kata-kata lain, ide-ide, imajinasi dan fantasi adalah belajar untuk memasuki hadirat roh yang tinggal di dalam hati anda, yang tinggal disana dalam cinta. Roh Allah tinggal dalam hati kita dalam keheningan. Dan dengan rendah hati dan dengan iman, kita harus masuk dalam keheningan.

Tujuan utama dari Meditasi Kristiani ialah agar misteri kehadiran Allah dalam keheningan tidak hanya semakin menjadi suatu kenyataan dalam hati kita tetapi juga suatu kenyataan yang mempengaruhi hidup kita. Dengan bermeditasi kita membiarkan kehadiran Allah memberikan makna, bentuk dan tujuan pada segala sesuatu yang kita lakukan, dan apa yang ada pada kita.


Word into Silence - John Main OSB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar