Sabtu, 28 Juli 2012

Membersihkan Bait Allah Batiniah

Siriakus Maria Ndolu OCarm.


Bacaan Kitab Suci Yoh 2:13-18)

Kekacauan di sekeliling Bait Allah tentulah menimbulkan ketidaknyamanan pada orang-orang yang mau datang berdoa. Dan hal yang sama berlaku juga untuk Bait Allah Batin Kita. Kekacauan di luar Bait Allah batin kita seperti mengganggu juga ketenangan Bait Allah batin kita. Mengapa? sebab, tindakan-tinakan semacam itu menyembunyikan dan mengabaikan kenyataan bahwa diri manusia itu Bait Roh Kudus.
Jika doa-doa kita sendiri kacau dan kita membiarkan diri kita terasa sibuk pada waktu berdoa, hal ini barangkali menciptakan kegaduhan di Bait Allah batin kita juga. Kita tidak akan bisa bermeditasi untuk waktu lama tanpa terlebih dahulu menyadari ketidak pantasan kita, kelakuan kita yang tidak terpuji dan lain sebagainya.

Setelah kita menyadari situasi batin kita, Dapatkah kita mengusir "pedagang dan penukar uang dari hati kita" atau apakah kita mencoba membuang Kristus yang mencampuri penyembahan berhala kita?.

(Disarikan : Sr. Christera, ADM; Sumber : Meditasi Kristiani, Jalan Sederhana Menjumpai Allah; Siriakus Maria Ndolu OCaram, Penerbit Kanisius 2009)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar