Kamis, 31 Mei 2012

Kemurnian Hati

Siriakus M. Ndolu OCarm

Meditasi sebagai jalan kepada kemurnian hati adalah syarat yang sangat perlu bagi tercapainya tujuan kehidupan kristiani, yaitu melihat Allah secara jelas. Meditasi adalah praktek untuk memperoleh kemurnian hati, yang adalah syarat untuk melihat Allah secara jelas seperti Sabda Yesus : "Berbahagialah mereka yang murni hatinya karena mereka akan melihat Allah."


Meditasi membawa kita kepada kemampuan untuk melihat secara jelas, tanpa dihalangi apapun. Yah, kemampuan yang datang dari kesederhanaan hati (simplicity). Tujuan semua meditasi adalah memurnikan hati kita. Kemurnian hati adalah belajar untuk melihat dengan jelas tanpa dikaburi oleh egoisme kita.

Hakekat meditasi adalah berhenti berpikir tentang diri kita dan mendengarkan kata-kata doa. Memang sulit, karena kata doa itu akan membawa kita ke titik "kekosongan", ke titik zero. Sebuah titik yang membawa kita kepada cinta Allah yang tak terbatas.

Jika kita mendaraskan kata doa penuh iman dan setia mengucapkannya pagi dan malam secara bertahap, akan membawa kita kepada titik kekosongan itu. Pada titik kekosongan itu kita memasuki misteri Allah.

(disarikan oleh: Sr. Christera ADM. dari buku Meditasi Krsitiani, Jalan Sederhana Menjumpai Allah, Siriakus Maria Ndolu OCarm, Bab V, Kanisius)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar