Selasa, 20 Desember 2011

DARASKAN MANTRA ANDA



  • Intisari meditasi adalah belajar mendaraskan – dari mula sampai akhir meditasi -sebuah kata yang dalam beberapa tradisi disebut sebuah mantra. Intisari meditasi berisi 3 kata: Ucapkan mantra anda.
  • Adalah sangat sukar bagi orang-orang untuk percaya bahwa duduk diam, tutup mata anda perlahan-lahan dan hanya mendaraskan sebuah kata ada manfaatnya. Anda harus melakukannya dengan iman saat anda memulainya.
  •  Kata yang saya sarankan untuk anda daraskan merupakan sebuah kata Aramic, "Maranatha", 4 suku kata dengan penekanan yang sama. Jangan risau mengenai artinya dan tentu saja jangan pikirkan apa artinya. Jangan pikirkan tentang Tuhan, jangan pikirkan apapun. Ucapkan kata anda, daraskan dan dengarkan kata tersebut. 
  • Pertama kali saya memulai meditasi kira-kira 30 tahun yang lalu. Saya kira saya sebodoh orang lain pada usia yang sama karena saya selalu berkata kepada orang yang mengajar saya:”Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk hal ini? Saya tidak dapat duduk disini dan mengucapkan kata ini selamanya?
  • Daraskan mantra anda. Itu adalah hal pertama yang harus dipahami. Mungkin dibutuhkan 5 sampai 10 tahun untuk memahami bahwa anda harus mengucapkan mantra anda dari mula sampai akhir meditasi tanpa berhenti. Kita harus belajar disiplin dan juga harus belajar meninggalkan semua pikiran atau imajinasi di belakang. Caranya adalah melalui mantra tersebut, dengan jalan setia mendaraskannya. Seperti yang telah saya katakan, saya membutuhkan waktu sekitar 30 tahun untuk memahami pentingnya hal tersebut.
  •  Meditasi kadang-kadang disebut juga doa iman. Didalamnya kita belajar untuk meninggalkan diri kita (ego) dibelakang dan menjadi terbuka kepada kekuatan kehadiran pribadi Yesus secara nyata didalam hati kita. Kata yang kita ucapkan, mantra kita adalah seperti sakramen, tanda nyata dari iman kita untuk kehadiran-Nya.

  • Meskipun anda merasa damai, daraskan mantra tersebut. Meskipun anda mengantuk, daraskan mantra anda. Meskipun anda merasa sukar, daraskan terus. Dan berapa besarpun manfaatnya bagi anda atau meskipun manfaat yang anda rasakan tidak seberapa, daraskan terus mantra tersebut.
  • Bila anda dapat memahaminya, anda telah mengerti hampir semua yang harus dimengerti mengenai doktrin dasar: mengucapkan mantra anda dari mula sampai akhir.

John Main OSB, The Way of Unknowing : In the Beginning.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar