Sabtu, 02 Juli 2011

MEDITASI JALAN PENGHARAPAN


Ketika kita mulai bermeditasi, kita mempunyai tiga tujuan awal. Yang pertama adalah mengucapkan mantra selama seluruh waktu meditasi. Kita membutuhkan waktu untuk melewati tahap pertama ini dan kita harus sabar selama waktu ini. Meditasi adalah sebuah proses yang alami, sebagaimana proses pertumbuhan fisik kita yang berkembang secara alami dan berbeda-beda untuk setiap orang, begitu juga dengan kehidupan doa lita. Kita tidak dapat memaksakan sesuatu untuk terjadi kecuali mengucapkan mantra kita tanpa tergesa-gesa dan tanpa mempunyai harapan tertentu.
Tujuan kedua adalah mengucapkan mantra selama waktu meditasi tanpa berhenti walaupun ada banyak gangguan selama meditasi. tetaplah duduk dengan tenang. Dalam tahap ini mantra menyerupai sebuah bajak yang secara terus menerus mengolah ladang pikiran kita. Bajak tidak dibelokkan bila ada tanah yang keras begitu juga mantra tidak dihentikan bila ada gangguan-gangguan dari pikiran kita.
Tujuan ketiga adalah tetap mengucapkan mantra untuk selama waktu meditasi walaupun kita sudah bebas dari semua gangguan. Apa yang ada di pikiran kita sekarang sejalan dengan kedamaian mendalam pada pusat diri kita. Irama yang sama ini, kini bergema pada seluruh diri kita. Dalam keadaan ini kita telah mengatasi pikiran, imajinasi dan semua gambaran. Kita hanya beristirahat dalam Allah yang hadir didalam hati kita.
(The Teaching of John Main on Christian Meditation - wccm sby)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar