Jumat, 08 Juli 2011

MEDITASI MAMPUKAN KITA LEPASKAN EGO


Jika anda ingin belajar meditasi, anda harus belajar duduk diam dan mengucapkan kata-doa anda dari awal sampai akhir. Jika anda setia melakukannya, anda akan menemukan bahwa setelah beberapa waktu mengucapkan kata-doa anda, anda akan merasa damai dan tenang. Anda akan tergoda untuk berkata pada diri anda, 'Kedamaian dan ketenangan ini menyenangkan. Saya ingin mengalaminya sekarang dan mengetahui apa yang saya rasakan. Saya akan berhenti mengucapkan mantra. Saya hanya tinggal dalam pengalaman ini'.

Hal ini berbahaya. Anda bermeditasi tidak untuk mengalami sebuah pengalaman. Anda bermeditasi untuk masuk kedalam pengalaman.

Meditasi adalah proses penyadaran dan keluar dari kesadaran refleksif terhadap diri sendiri. Meditasi adalah kita belajar untuk melihat keluar diri kita, keluar dari kesadaran yang tertutup pada diri kita sendiri saja, penjara dari ego kita, dan kita melakukan itu dengan disiplin untuk mengucapkan mantra. Ketika anda mengucapkan kata-doa, anda tidak berpikir tentang pikiran anda sendiri. Anda tidak menganalisa apa yang terjadi pada diri anda. Anda tidak menghiraukan pikiran anda dan masuk kedalaman diri anda. Dan orang-orang selama berabad-abad dalam sejarah, menemukan bahwa diperlukan iman untuk menyangkal diri.
(The Teaching of John Main on Christiuan Meditation - wccm sby)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar