Sabtu, 18 Juni 2011

MEDITASI JALAN MENDENGARKAN MANTRA


Kesan pertama dari banyak orang tentang meditasi ialah meditasi akan membuat mereka melakukan latihan dengan pengulangan yang membosankan. Pada musim panas ini saya memberikan retret untuk sebuah biara di Irlandia, dan salah satu biarawati disana, setelah mendengar ceramah tentang meditasi dengan mantra, datang menemui saya dan berkata: "Pastor, saya tidak akan dapat melakukan meditasi itu. Tidak mungkin saya dapat melakukannya. Meditasi ini samasekali tidak menarik". Pengertiannya tentang mantra bahwa mantra tidak penting karena mengulang-ulanginya adalah sesuatu yang membosankan.
Saya harap ia mulai bermeditasi walau ada banyak kekuatiran, karena sedikit pengalaman untuk belajar mengucapkan mantra (dan ini adalah seni bermeditasi) akan mengubah pikirannya.
Untuk memahami seni bermeditasi berarti menjadikan mantra hidup dalam hati anda. Ini sesuatu yang sulit bagi kita karena kita selalu mengontrol diri kita. Sangat sulit bagi banyak orang masa kini untuk belajar menjadikan mantra hidup dalam hati mereka, membiarkan mantra bergema, membiarkan mantra bernyanyi dengan bebas dalam hati kita.
Selama setengah jam pada pagi hari dan malam hari kita menaruh perhatian tidak pada diri kita sendiri. Melalui karya Roh Kudus, roh kita menjadi terbuka, kita menjadi murah hati. Perubahan dalam diri kita terjadi karena, dalam meditasi, kita bertemu dan merangkul kekuatan yang membuat semuanya menjadi lebih baik, lebih memahami, lebih tidak mementingkan dir sendiri, lebih simpatik, lebih mencintai dan seterusnya. Tetapi pada saat yang sama, kita sadar bahwa kita adalah manusia yang lemah, mudah jatuh dalam dosa dan tidak dapat hidup selamanya. Kesadaran inilah yang seringkali mendorong kita untuk melindungi kerapuhan kita.
Dalam bermeditasi, kita menemukan sumber kekuatan yang memampukan kita untuk hidup tanpa perlu cemas dengan melindungi diri kita, dan sumber kekuatan ini ada persis di pusat diri kita, in dalam hati kita. 'Tuhan ada di pusat jiwaku'. Meditasi sangat praktis karena meditasi mengajak kita semua untuk mengetahuinya 'dari pengalaman kita sendiri' pernyataan bahwa 'Tuhan ada di pusat jiwaku'.
(The Teaching of John Main on Christian Meditation - wccm sby)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar