Rabu, 02 September 2020

Dalam Cahaya dan Hidup Yesus

 


Bacaan Harian Bersama John Main

2 September 2020

Meditasi adalah sebuah disiplin. Inilah disiplin dari disiplin terbuka pada Sang Guru, waspada, hadir dan hormat saat kita masuk dalam hadirat-Nya. Meditasi menjadikan kita untuk hadir sepenuhnya di saat kini, yaitu saat abadi Allah. Meditasi secara sederhana artinya penerimaan penuh realitas tersebut dalam disiplin, dengan kesetiaan dan dalam kasih. Jadi, baik anda bermeditasi sendiri di rumah atau dengan kelompok, anda harus diam. Diam sebisa mungkin. Terbukalah pada anugerah yang Allah berikan pada anda. Anugerah keberadaan anda dan anugerah Roh-Nya yang tinggal di hati anda.  St. Paulus menulis kepada Timotius:

 

Jadi janganlah malu bersaksi tentang Tuhan kita dan janganlah malu karena aku, seorang hukuman karena Dia, melainkan ikutlah menderita bagi Injil-Nya oleh kekuatan Allah. Dialah yang menyelamatkan kita dan memanggil kita dengan panggilan kudus, bukan berdasarkan perbuatan kita, melainkan berdasarkan maksud dan kasih karunia[1]Nya sendiri, yang telah dikaruniakan kepada kita dalam Kristus Yesus sebelum permulaan jaman. Dan yang sekarang dinyatakan oleh kedatangan Juruselamat kita Yesus Kristus, yang oleh Injil telah mematahkan kuasa maut dan mendatangkan hidup yang tidak dapat binasa.(2 Tim 1: 8-10)

Inilah konteks yang kita gunakan untuk bermeditasi sekarang ini. Dalam cahaya dan hidup Yesus.

 The Way of Unknowing

 

Refleksi Bacaan Harian Bersama John Main

2 September 2020

 Allah telah memberikan anugerah kepada kita, yaitu anugerah keberadaan kita dan anugerah Roh-NYa yang tinggal di hati kita. Kita semua dipanggil oleh Allah untuk hadir sepenuhnya di saat kini, saat kini Allah yang abadi. Pater John Main mengajarkan kepada kita cara yang sangat sederhana untuk merespon panggilan-Nya, yaitu melalui meditasi Kristiani. Saat kita bermeditasi, sesungguhnya, kita membuka hati kita akan kehadiran Allah yang tinggal dalam hati kita, untuk hidup sepenuhnya di saat kini, dalam cahaya dan hidup Yesus.

 Tuhan memberkati. 🙏

Tidak ada komentar:

Posting Komentar