Sabtu, 14 Januari 2017

Hadir di saat ini

Meditasi merupakan jalan kita untuk memasuki sepenuhnya saat kini. Semua dari kita mempunyai kecenderungan untuk hidup di masa lampau atau mungkin hidup di masa depan. Jangan hidup di masa lampau maupun dimasa depan. Belajar untuk sungguh-sungguh hadir di saat kini, hadir pada saat sekarang. Saat sekarang, kita sebut juga sebagai saat sekarang yang abadi bagi Allah.


Ketidakbahagiaan kebanyakan datang dari penolakan kita untuk hadir sepenuhnya di saat sekarang. Bahkan penderitaan mempunyai arti tertentu dan jika kita tidak menerimanya secara penuh pada saat kita mengalami penderitaan itu maka kita akan kehilangan arti dari penderitaan itu sendiri. Sehingga apa yang harus kita pelajari adalah mendengarkan mantra dengan penuh perhatian. Kita memusatkan segala kesadaran kita pada satu titik: yaitu bunyi tunggal dari mantra kita.

Inilah apa yang kita harus lakukan: untuk mengucapkan mantra ma-ra-na-tha, untuk mendengarkannya dengan perhatian yang penuh, ma-ra-na-tha dan mengucapkannya dengan semakin sederhana dan rendah hati.

(In The Beginning – John Main, OSB)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar