Sabtu, 10 Januari 2015

Terbuka pada Kasih-Nya

Duduklah dan sewaktu anda mengucapkan kata doa anda, lepaskan segala ikatan, kekangan yang mengikat anda pada hal-hal yang tidak nyata, pada ilusi dan pada ketakutan. Pahamilah bahwa semua kekangan tersebut tidak dapat mengikat anda, hanya jika anda terbuka pada pengalaman sewaktu Yesus dibaptis disungai Yordan oleh Yohanes. Pengalaman Yesus bahwa Dia adalah Putera Bapa terkasih. "Engkaulah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Mulah Aku berkenan" (Markus 1:11). 




Pengalaman ini juga terbuka untuk kita semua sebagai putera-puteri Bapa yang penuh kasih dan pengertian. Dari pengalaman itu kita menemukan arti hidup kita yaitu terbuka sepenuhnya pada Kasih-Nya, terbuka sepenuhnya pada Misteri Allah yang bersemayam dalam hati kita, pusat diri kita. Karena di dalam pusat ini kita menemukan-Nya, Meditasi, mengucapkan kata-doa dari awal sampai akhir, mengucapkan kata-doa setiap pagi dan malam, merupakan perziarahan menuju pusat dimana Dia berada dan dimana kita bersatu dengan-Nya.

Jangan menjadi gelish untuk mengetahui berapa lama anda sudah bermeditasi. Jangan kecewa jika and menyadari bahwa anda mengikuti pikiran anda dan tidak mengucapkan kata-doa anda. Kembalilah ke kata-doa anda, selalu kembalilah. Jika anda ingin belajar bermeditasi., jika anda ingin berjalan menuju yang transenden dan menuju suatu titik, penting bagi anda untuk belajar berlatih meditas setiap hari selama hidup anda, setiap pagi dan malam. Waktu yang optimum adalah setengah jam, waktu minimum sekitar duapuluh menit. 

Anda tidak akan mengalami bahwa anda tidak menemukan sesuatu yang diluar biasa sewaktu anda bermeditasi. Ucapkanlah kata-doa anda dan anda merasa cukup dengan mengucapkan kata-doa anda. Tetapi kesetiaan sepanjang jalan meditasi, anda akan memulai memahami kebenaran dari perjalanan ke suatu titik, menuju pusat dan dari pengalaman pribadi anda, anda akan memahami apa yang dimaksud St. Paulus dia berkata : "Ingatlah, bahwa bukan kamu yang menopang akar itu, melainkan akar itu, yang menopang kamu" (Roma 11:18)

John Main OSB - The Way of Unknowing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar