Sabtu, 29 Oktober 2011

Meditasi dan Doa Yesus


Menurut tradisi kita, Hanya ada satu doa, dan itu adalah do Yesus (doa yang dipanjatkan oleh Yesus). Dialah pengantara universal. Tidak ada jalan kepada Bapa kecuali melalui  Yesus. (bdk Yoh 14:6). 

St. Paulus mengatakan bahwa, "Kita tidak tahu bagaimana harus berdoa, tetapi Roh kita berdoa di dalam diri kita". (Rom 8:26). Doa Yesus adalah kesatuan kasih-Nya dengan Bapa dalam Roh Kudus. Meditasi adalah keterbukaan total dan kesatuan kita dengan doa Yesus ini. Doa Krsitiani pada intinya adalah pelepasan diri kita sendiri sehingga bisikan doa yesus dapat muncul dalam hati kita.


Teologinya adalah bahwa doa itu adalah doa Yesus. Kita harus mundur dan membiarkan doaNya, seperti biasanya, penuh kuasa dalam diri kita. Begitu kita menyadari bahwa Jalan itu adalah doa Yesus, maka satu-satunya tantangan kita adalah untuk mundur secukupnya supaya doa-Nya menjadi amat sangat luar biasa.

Syaratnya adalaj kita harus total meninggalkan diri kita. Pikiran, imajinasi dan pencerahan kita harus total ditinggalkan, dan di atas semuanya itu, kita harus benar-benar meninggalkan do kita dan terbuka pada doa Yesus di dalam hati kita.


John Main OSB, The Heart of Creation.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar