Rabu, 23 Maret 2011

JALAN MENJADI SADAR



Pada dasarnya, meditasi adalah jalan menuju ke pusat diri anda, dasar dari keberadaan anda, dan tinggal disitu - diam, hening dan penuh perhatian. Meditasi merupakan cara untuk belajar menjadi sadar, benar-benar hidup tapi tenang. Dalam keheninganmeditasi yang akan menuntun anda maju untuk benar-benar sadar dan benar-benar hidup yang tampak pada anda karena anda bersekelarasan dengan diri anda dan, perlahan-lahan, juga bersekelarasan dengan semua ciptaan. Pengalaman meditasi akan memancar kepada semua kehidupan. tetapi bagaimana cara memancar, adalah jalan menjadi sadar yaitu keheningan dan ketenangan.

Ini merupakan suatu tantangan bagi orang-orang masa kini, karena kebanyakan dari kita mempunyai sedikit pengalaman hening, dan hening dapat merupakan sesuatu yang mengancam dalam budaya yang bising dimana tempat kita tinggal. Anda harus membiasakan diri dengan keheningan. Itulah sebabnya jalan meditasi merupakan jalan untuk belajar mengucapkan kata-doa dalam batin, didalam hati anda.

Tujuan dari mengulang-ulangi kata adalah untuk mengantar anda kepada keheningan. Karena itu singkirkanlah segala gagasan-gagasan materialistis yang bertanya sampai kapan saya harus bermeditasi. Meditasi mungkin memerlukan waktu 20 tahun . Tapi itu tidak menjadi masalah. Meditasi mungkin juga memerlukan waktu 20 menit dan itu juga tidak menjadi masalah. Satu hal yang penting ialah jika anda ingin mengadakan kontak kembali dengan pusat diri anda, anda dalam perjalan itu.

(The Teaching of John Main on Christian Meditation. - WCCM Surabaya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar