Minggu, 13 Maret 2016

Minggu Kelima Prapaskah 2016

WCCM Lent Reflections 2016
Monday of Lent - Week Five

Soren Kierkegaard beranggapan bahwa ada saat-saat kritis dalam hidup dimana ‘titik menjadi semakin lebih memahami bahwa ada sesuatu yang tidak dapat dipahami.’ Beberapa abad sebelumnya, The Cloud of Unknowing menyaring tradisi mistik Kristiani dalam ungkapan berikut ‘dengan kasih kita dapat mengenal Dia, dengan pikiran tidak akan bisa’. Hal ini merupakan poin yang sulit untuk dipahami oleh banyak orang Barat, orang-orang dengan otak kiri yang bias. Namun hidup terus menerus menghadirkan entry point ke dalam misteri di mana cetak biru kita, model realitas, ideology dan penjelasan mengenai berbagai hal runtuh begitu saja di hadapan realitas yang kita hadapi.


Perjumpaan dengan misteri realitas ini juga merupakan perjumpaan dengan realitas misteri yang tak terelakkan. Pikiran biasa kita bimbang dan gagal untuk mengolah beberapa hal. Namun mereka tidak dapat menyangkal bahwa hal-hal itu ada dan menjadi kekuatan besar transfomasi. Kematian seseorang yang kita kasihi, jatuh cinta, menderita kekecewaan atau sebuah terobosan dalam pemikiran kreatif dapat memicu serangkaian peristiwa yang menuntut kita untuk benar-benar memahami bahwa beberapa tidak bisa dipahami, hanya diketahui, direnungkan dan dihormati.

Dalam hari-hari terakhir masa Prapaskah ini kita harus mempersiapkan diri bagi gerbang misteri yang terkandung dalam peristiwa-peritiwa yang dikenang dan dirayakan selama Pekan Suci. Semakin kita siap untuk menangani peristiwa yang tidak dapat kita pahami dengan mudah, peristiwa itu akan menjadi semakin bermakna bagi kita tahun ini. Kita memang perlu mempersiapkannya, pada tahap ini, bukan untuk melakukan sesuatu yang baru melainkan untuk melakukan yang sudah kita lakukan atau ingin kita lakukan dengan tekad yang baru.


Salam Kasih,
Laurence Freeman OSB – Director WCCM 

(Diterjemahkan : Fransisca Indrawati – Komunitas Meditasi Kristiani Indonesia)  
 Sumber: www.wccm.org


Tidak ada komentar:

Posting Komentar