Kamis, 19 Juni 2014

LEPAS BEBAS

Waktu anda  belajar mengucapkan mantra (kata-doa), anda belajar untuk percaya, anda belajar untuk hadir tanpa perlu melakukan sesuatu. Sukacita dari meditasi adalah karena meditasi merupakan perayaan atas karunia keberadaan kita, perayaan sukacita dalam menerima hidup anda sebagai karunia, dan dengan demikian seperti yang diutarakan oleh Blake yaitu mencium 'sukacita yang pada suatu akan terbang' atau dengan kata lain sikap 'bebas-lepas'. 


Doa tidak berarti memiliki atau mengatur tetapi merayakan hidup kita apa adanya. Kita sampai pada perayaan ini karena meditasi menuntun kita untuk menjadi terpusat, pada titik yang hening. Pada setiap orang ada titik hening di dalam dirinya yang bukan seluruhnya dirinya. Anda akan belajar dari pengalaman anda bermeditasi bahwa hanya ada satu pusat, yang menjadi pusat segalanya. Inilah pengertian pengertian yang kita dapatkan dari meditasi, sekali lagi dari pengalaman meditasi, sekali lagi dari pengalaman meditasi kit, akan kebersatuan hakiki, yaitu kebersatuan di dalam diri kita dan kebenaran hakiki, yaitu kebersatuan di dalam diri kita dan kebersatuan kita dengan Tuhan.

Komitmen dalam meditasi berarti melepaskan diri dari kelekatan pada perhatian yang melulu pada diri sendiri. Kesetiaan kita untuk mengucapkan mantra (kata-doa) selama bermeditasi dan melakukanya dua kali sehari merupakan disiplin untuk bebas lepas. Waktu-waktu meditasi ini perlahan-pelahan akan mendjadi lebih sederhana, lebih menyenangkan, dan lebih terpusat. Dan kehidupan kita yang diubah melalui meditasi, terungkap dari pengalaman kita sendiri sewaktu kita mengatakan "Allah adalah kasih". Pusat dari segala pusat adalah Allah yang adalah kasih.

John Main, The Heart of Creation.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar